Selamat Hari Puisi Nasional, Muhamad Fauzi Anggap Perjuangan 1945 Bagian Dari Propaganda Penyair Melawan Penjajah

  • Whatsapp

MEDIA LINGKAR INDONESIA– Hari Puisi Nasional diperingati setiap tanggal 28 April. Penentuan tanggal ini sangat erat kaitannya dengan kepergian Chairil Anwar, penyair terkemuka Indonesia.28/04/2021

Menurut Muhamad Fauzi Chairil Anwar terkenal dengan gagasan puisinya yang mendobrak. Puisi “Aku”, yang ditulis tahun 1943, dimuat di majalah Timur pada 1945, dianggap sebagai puisi yang besar pengaruhnya pada Angkatan 45.

Bacaan Lainnya

Chairil Anwar contohnya beliau terkenal dengan gagasan puisinya yang mendobrak. Puisi “Aku”, “Karawang Bekasi” yang ditulis tahun 1943, dimuat di majalah Timur pada 1945, dianggap sebagai puisi yang besar pengaruhnya pada Angkatan 45.

“Sebagai orang yang pertama-tama merintis jalan dan membentuk aliran baru dalam kesusastraan Indonesia, ia dapat dikatakan orang yang terbesar pengaruhnya dari Angkatan 45 demi mengusir penjajah. Pungkas Fauzi pada acara diskusi.

Dengan ditetapkannya Hari Puisi Nasional, maka masyarakat memiliki hari nasional sebagai sumber inspirasi untuk memajukan kebudayaan Indonesia.

Terakhir dalam diskusinya M.Fauzi melihat para sastrawan Indonesia yang berjuang setiap masanya menjadi kabar perjuangan rakyat dalam melawan penjajah dan penindasan di bumi Pertiwi, maka dari itu puisi bukan hanya sekedar kata-kata tetapi puisi menjadi pesan semangat untuk bangsa dalam bertindak dan berpikir merdeka. Selamat hari puisi nasional. Merdeka. Ujar Fauzi. (Gz)

Tinggalkan Balasan