Selamat Hari Musik Nasional

  • Whatsapp
banner 468x60

Lingkar Indonesia. 9 Maret 2020 adalah suatu kebanggaan sejarah atas lahirnya seni musik di tanah air Indonesia, jika kita melihat ke belakang seperti musik classical abad 18 tercetak di kota Wina dan banyak menciptakan manusia kreatif di negeri Austria tersebut seperti Wolfgang Amadeus Mozart, Beethoven, Sebastian bach, di Indonesia juga tidak kalah penting peranannya sejak era penjajahan kolonial banyak terlahir musisi komposer hebat di massa tersebut. Hari musik Nasional adalah bagian yang harus diingat bahwa Indonesia merupakan bangsa kreatif dalam berkesenian terlebih berbeda-beda budaya disetiap daerah begitupun nada-nada yang berbeda-beda. Adapun kilas balik sejarah mencatat :

1. Wage Rudolf Soepratman Lahir, 1903

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Soepratman lahir pada 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah.

Tanggal lahir WR Soepratman pun ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional, walaupun banyak yang berpendapat bahwa ia lahir pada 19 Maret 1903.

2. Gempa Bumi Guncang Alaska, 1957

Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter terjadi di Kepulauan Andreanof, Alaska. Guncangan gempa tersebut pun memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang menimbulkan kerusakan yang luas di Hawaii dan Oahu.

3. Barbie Pertama Kali Dipamerkan, 1959

Boneka Barbie untuk kali pertama dipamerkan sekaligus dijual dalam Festival Mainan Amerika di New York, Amerika Serikat (AS) pada 9 Maret 1959. Tanggal ini juga ditetapkan sebagai ulang tahun boneka tersebut.

4. Peringatan Hari Musik Nasional

Setiap 9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 10 Tahun 2013 yang disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri telah lebih dahulu merencanakan adanya Hari Musik Nasional pada 10 Maret 2003 dengan ditandai pemencetan tombol situs resmi Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Diketahui, Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret sebagai peringatan hari lahir Wage Rudolf Soepratman. Meskipun tanggal lahir pencipta lagu Indonesia Raya itu masih diperdebatkan. Meskipun demikian kita sebagai bangsa harus berbangga hati terhadap sejarah permusikan di tanah air, semoga cipta karya terus berkembang dan mempunyai energi positif untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.(GZ)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan