Puskemas Jatimekar Kota Bekasi Gelar Vaksinasi Massal Untuk Masyarakat

  • Whatsapp

MEDIA LINGKAR INDONESIA – Puskemas Jatimekar yang berlokasi di RT.003/RW.002, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat mengadakan vaksinasi massal bagi warga Kota Bekasi. Kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh warga masyarakat.

“Kegiatan screening dan swab diberikan buat warga Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih untuk pelaksaan Vaksin massal aman dan halal oleh Nakes UPTD Puskesmas Jati mekar. Adapun Peserta vaksin sebanyak 338 orang. Dan, masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini,” papar Kepala Puskesmas Jatimekar, Drg. Suci Perihati, Jum’at (2/7/2021).

Bacaan Lainnya

Drg. Suci Perihati menjelaskan ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon penerima vaksinasi. Ia menyebut, untuk tahapan pertama penerima vaksinasi datang ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kemudian, pada saat kedatangan calon penerima vaksinasi wajib menggunakan masker/faceshield, dalam kondisi sehat, dan apabila belum terdaftar, disarankan mengisi data bisa lewat https://bit.ly/pendaftaran-vaksin-tahap3-Jatimekar

“Peserta vaksinasi diperiksa suhu tubuhnya, diberikan nomor urut kedatangan dan diminta untuk mencuci tangan. Selanjutnya, peserta vaksinasi menunggu giliran di ruang tunggu yang telah disediakan dengan menerapkan jarak minimal 2 meter dengan penerima vaksinasi lainnya,” ujar Drg. Suci Perihati.

Dalam penjelasannya, Drg. Suci Perihati mengatakan peserta vaksinasi akan dilayani sesuai dengan waktu yang telah tercantum pada aplikasi pada saat melakukan pendaftaran. Setelah itu, petugas meja 1 akan memanggil calon penerima vaksin sesuai dengan nomor urut kedatangan dan memastikan penerima vaksinasi hadir sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan memverifikasi bukti tiket elektronik (e-ticket) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Calon penerima vaksin verifikasi data menggunakan aplikasi https://bit.ly/pendaftaran-vaksin-tahap3-Jatimekar. Jika mengalami masalah verifikasi data, bisa dilakukan secara manual (format atau data sasaran diunduh dan dicetak saat pagi hari H pelayanan),” ungkapnya.

Sekedar untuk, ada pun imbauan yang beredar di WhatsApp, seperti begini:

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada
Yth. Ketua Rw
se-Kelurahan Jatimekar.

Dengan hormat,
Sehubungan dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 08 Juli 2021, mohon kiranya Ketua Rw dan Ketua Rt beserta jajarannya untuk :

1. Mengajak warganya untuk dapat mendaftarkan diri menjadi peserta Vaksinasi Covid-19 pada tanggal tersebut di atas;
2. Pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online di link :

https://bit.ly/pendaftaran-vaksin-tahap3-Jatimekar

Ataupun secara offline/manual dikolektif oleh Ketua Rt dan Rw untuk selanjutnya diserahkan kepada Petugas Pamor atau ke Kantor Kelurahan;

3. Setiap warga yang mendaftar secara manual/ offline, wajib menyerahkan fotokopi KTP, KK sejumlah 1 lembar dan Nomor HP/WA untuk dihubungi.

Adapun warga yang mendaftar secara online, fotokopi KTP dan KK diserahkan pada saat Screening Kesehatan;

4. Syarat warga untuk mendaftar, wajib :
a. Berbadan sehat/ tidak dalam kondisi sakit;
b. Belum pernah mendapatkan Vaksinasi Covid-19 sebelumnya;
c. Tidak memiliki Tekanan Darah Tinggi, diabetes, kanker, tidak sedang hamil, tidak sedang menyusui;
d. Berusia minimal 18 tahun.

5. Bagi warga pendaftar yang ber-KTP di luar Kel. Jatimekar, harus dilengkapi Surat Keterangan Domisili dari Rt.;

6. Setiap Rt, dimohon untuk dapat mendaftarkan minimal 10 orang warganya menjadi peserta Vaksinasi;

7. Sebelum Vaksinasi dilakukan, akan dilaksanakan Screening Kesehatan bagi warga peserta Vaksinasi pada hari Selasa dan Rabu, 06 dan 07 Juli 2021.

Berkenaan dengan kegiatan Vaksinasi ini, Fisik Surat akan segera menyusul.

Mohon kiranya Ketua Rw. beserta jajarannya dapat menginformasikan kepada warga di wilayah masing-masing.

Demikian, terimakasih.(AL)

Tinggalkan Balasan