PRAWITA GENPPARI Survei Potensi Wisata Curug Cimandawai Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Oleh : DPD PRAWITA GENPPARI

Kabupaten Cilacap selama ini mungkin banyak dikenal sebagai daerah yang relatif datar dan panas karena dekat pantai. Namun hal tersebut menjadi berubah setelah Tim DPP PRAWITA GENPPARI mengunjungi potensi wisata Curug Cimandawai yang berlokasi di desa Datar kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut terungkap saat Tim dari DPP PRAWITA GENPPARI dengan didampingi calon pengurus DPD PRAWITA GENPPARI kabupaten Cilacap mengunjungi lokasi air terjun (Curug) Cimandawai tersebut.

” Dengan kedatangan kita kali ini, bisa membuka perspektif publik terkait potensi wisata yang ada di Cilacap. Sebagian besar masyarakat, tahunya potensi wisata yang ada di Cilacap hanya pantai saja. Padahal Cilacap pun punya potensi wisata dataran tinggi dengan udara cukup dingin dan pesona air terjunnya yang sangat eksotis”, ungkap Ketum DPP PRAWITA GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Cilacap, Senin (25/7).

Setelah menelusuri kawasan kebun karet dan perbukitan yang menakjubkan, ditambah panorama alam yang hijau menambah kenikmatan dan syukur pada sang pencipta.

Setelah berhenti dari kendaraan, pengunjung di ajak jalan sekitar 500m untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Di bawah air terjun ini juga mengalir sungai dengan tumpukan bebatuan yang indah. Ketinggian air terjunnya sekitar 80m dan melebar sehingga cocok untuk pengambilan foto yang sangat menarik.

Di lokasi Curug, tim PRAWITA GENPPARI sempat berdiskusi dengan kepala dusun setempat mengenai konsep – konsep pengembangan wisata desa. Memang saat ini, pembenahan jalan terus ditata oleh masyarakat setempat. PRAWITA GENPPARI juga menyampaikan sumbang saran dalam tata kelola objek wisata yang profesional.

” Untuk potensi sungainya juga bisa dikembangkan wisata air berupa rafting atau river tubing. Ada banyak peluang yang bisa terus dikembangkan, termasuk tata kelola homestay bagi pengunjung yang ingin menginap di daerah ini. Rasanya datang ke Cilacap tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Curug Cimandawai. Aya para pecinta wisata Indonesia, kunjungi keindahan Curug Cimandawai di kabupaten Cilacap “, ajak Dede sekaligus mengakhiri obrolan dengan pakar pariwisata ternama Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan