Pemred Media Lingkar Indonesia Kabupaten Bogor : Kemal Pertegas Kepada Penyalur Bantuan Sosial Untuk Disalurkan Secara Jujur

  • Whatsapp
banner 468x60

MEDIA LINGKAR INDONESIA- Ditengah wabah Covid19 melanda Indonesia , khususnya Kabupaten Bogor yang sekarang sedang jalankan Amanat PSBB di wilayah Jabodetabek, hari ini akan menjadi hari suka cita masyarakat di tengah Bulan Suci Ramadhan, masyarakat sangat membutuhkan pangan, dan kebutuhan pokok lainnya. Artinya wabah Covid19 tanggungjawab Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mencari solusi tepat bagi masyarakat. 14/05/2020

Dokumen : Pendistribusian Bansos

Pimred http://www.medialingkar.com Kabupaten Bogor Kemal menyampaikan pendapat dan penegasan kepada semua penyalur bantuan sosial kepada masyarakat. Kemal menyampaikan “Kita semua harus tahu apa itu PKH, BPNT, BLT DANA DESA, BLT KEMENSOS, BLT APBD, SEMBAKO APBN,SEMBAKO APBD, Agar kita Paham dan tidak Memprovokasi Masyarakat, Karena ketidaktahuan kita. Pungkasnya

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam penanganan Covid 19 Pemerintah mengambil kebijakan berupa bantuan, antara lain ;
1. PKH
2. BPNT
3. BLT Dana Desa
4. BLT Kementerian/Kemensos
5. BLT APBD
6. Sembako APBN
7. Sembako APBD

Dokumen : Data Desa 437 Desa Untuk Bansos
Dokumen : Sambungan Jumlah Data Desa (Bansos)

Ini harus dibedakan supaya Masyarakat yang kurang paham akhirnya bisa paham. PKH adalah program keluarga harapan, bentuknya uang tunai langsung masuk rekening masing-masing.

BPNT (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui Kios Desa yang ditentukan oleh Bank Mandiri kerjasama TKSK kecamatan.

BLT Dana Desa adalah Bantuan Tunai dari Desa Masing-masing,
(ingat bukan untuk kelurahan ya tapi desa)  Besarannya 600 ribu per bulan direncanakan selama 3 bulan. Nah BLT dari Dana Desa biasanya perlakuannya ada 3, berikut ;

I. Bagi Desa yang belum Cair Dana Desa Tahap I, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19.

II. Bagi desa yang telah cair Dana Desa Tahap I, namun belum habis dibelanjakan, maka diprioritaskan untuk BLT Covid 19

III. Bagi desa yang telah cair Dana Desa Tahap I dan teah habis dibelanjakan, maka segera bermohon Tahap II diprioritaskan untuk BLT Covid 19.

Pertanyaan, siapa yg dibantu BLT Dana Desa? Adalah warga desa yang penghasilannya terdampak Covid 19 dan bagi warga Desa rentan sakit, atau sakit menahun. Dengan demikian ada Desa lebih duluan memberi bantuan, ada juga terlambat beri bantuan, karena prosesnya tadi di atas itu Tahap I, Tahap II.

BLT Kementerian adalah bantuan bentuk Tunai diperuntukkan bagi rata-rata Perkotaan atau Kelurahan.”Harus dibedakan”

BLT APBD adalah juga bantuan Tunai Dari Dinas Sosial juga diperuntukkan bagi Masyarakat yang belum Dapat BLT Dana Desa atau lainnya.

Sembako APBN adalah bantuan berupa bahan makanan yang bersumber dari Pemerintah Pusat langsung.

Sembako APBD adalah juga bantuan berupa bahan makanan bersumber dari APBD Provinsi dan Kabupaten

Kemal menjelaskan kesimpulan, banyak bantuan jangan hanya fokus ke Dana Desa saja, Maka dari itu sosialisasi harus makin di tingkatkan, agar Masyarakat bisa paham mengenai segala jenis bantuan Pemerintah yang disalurkan ke pihak yang dimaksud diatas. Teruntuk para Pemerintah Kab.Bogor. adapun data desa yang tersalur adalah 434 Desa “Ujar Kemal”

Ungkapan penutup Pimred Kab.Bogor “semoga Covid19 ini berakhir dan masyarakat diberikan kesehatan baik jasmani maupun rohani. #SemogaCepatBerakhirCovie19 #DirumahAja.

(Goez)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan