Pandangan Terbuka Ketua Bawaslu Kota Bekasi Tomy Suswanto,S.E. : Keterbukaan Demokrasi Dan Keputusan Institusi DKPP

  • Whatsapp
banner 468x60

MEDIA LINGKAR INDONESIA-KEDUDUKAN Bawaslu Kab/Kota melalui UU Nomor 7 Tahun 2017 dalam struktur kelembagaan Negara Indonesia adalah sebagai Lembaga Negara tambahan, Lembaga Negara yang Independen (auxiliary state organs). Atas dasar itu setiap penyelenggara Negara harus siap dikritik, diluruskan jika mengalami kesalahan dari berbagai pihak jika ingin mewujudkan Good democracy, clean democracy.

Melalui laporan masyarakat dan putusan DKPP, ini menunjukan bahwa demokrasi di Kota Bekasi sudah memiliki peningkatan yang signifikan atau dikatakan dewasa, walaupun tahapan penyelanggaran Pemilu 2019 sudah selesai akan tetapi kode etik bagi penyelenggara Pemilu masih melekat selama mejabat.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Selanjutnya, kaitan dengan laporan dan pembacaan putusan DKPP Nomor 22-PKE-DKPP/II/2020. Pada hari ini Rabu 06 Mei 2020 Pukul 10 WIB, di Jl MH. Thamrin No 14. dengan putusan sebagai berikut ;
1. Mencopot jabatan saya Tomy Suswanto selaku Ketua Bawaslu Kota Bekasi dan Peringatan Keras.
2. Ali Mahyail Pencopotan selaku Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga dan Peringatan Kertas.
3. Choirunnisa dengan Putusan Rehabilitasi.
4. M. Iqbal dengan putusan Rehabilitasi.
5. Novita Ulya dengan Putusan Rehabilitasi.

Saya selaku Ketua Bawaslu Kota Bekasi saat menerima undangan panggilan sidang mendengarkan pembacaan Putusan Nomor 22-PKE-DKPP/II/2020. Pada Tanggal 4 Mei 2020 yang dikeluarkan Sekretaris DKPP, akan dibacakan hari ini dengan padangan dan berpedoman pada UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu terkait putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Pasal 458 ayat (13) UU Pemilu menyatakan putusan DKPP bersifat final dan mengikat.

Sementara Pasal 458 (14) menyebut penyelenggara Pemilu wajib melaksanakan putusan DKPP. Atas dasar tersebut saya patuh dan tunduk terhadap Undang-undang.

Selanjutnya, saya atas nama pribadi dan selama menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kota Bekasi mengucapkan banyak terimakasih kepada ;
1. Pimpinan Bawaslu Republik Indonesia, Bawaslu Prov Jawa Barat atas support dan kepercayaannya untuk saya memimpin Bawaslu Kota Bekasi dalam penyelenggaran Pemilu 2019 sampai dengan selesai.
2. Ucapan terimakasih sya juga haturkan kepada seluruh pimpinan Peserta Pemilu 2019 ;
1. Partai Kebangkitan Bangsa.
2. Partai Gerindra
3. Partai Demokrasi Indonesia
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. Partai Keadilan Sejahtera
9. Partai Perindo
10.Partai Persatuan Pembangunan.
11.Partai Solidaritas Indonesia.
12.Partai Amanat Nasional
13.Partai Hanura
14.Partai Demokrat
19.Partai Bulan Bintang
20. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

TELAH berdinamika secara soprtif berpegang pada UU 7 Tahun 2017 sehingga menghantarkan iklim demokarsi di Kota Bekasi semakin dewasa sehingga hasil pelaksanaannya legitimasi dibuktikan dengan peningkatan yang signifikan partisipasi pemilih di Kota Bekasi mencapai 76,1% dibanding Pemilu sebelumnya hanya mencapai 60,9% pada Pemilu 2014, dan dengan menerimanya hasil putusan tindak pidana pemilu pada sidang Pengadilan Negeri Bekasi atas 2 perkara yang disidangkan salah satunya ;

1. Menyatakan terdakwa tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pemilu sebagai pelaksana kampanye pemilu yang dengan sengaja melanggar larangan pelaksana kampanye pemilu yaitu menghina seseorang ;

2.Menjatuhkan terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 4 bulan dengan ketentuan pidana tersebut tidak usah dijalani, kecuali dikemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain disebabkan karena siterpidana melakukan suatu tidak pidana sebelum masa percobaan selama 8 bulan dan pidana denda sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) dengan ketentuan jika denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan;

3. Ucapan terimakasih saya juga haturkan untuk Kapolres Metro Bekasi Kota Beserta Jajaran yg menjamin kondusifitas penyelanggaran Pemlu 2019 di Kota Bekasi berjalan aman, damai dan tertib tidak seperti di Kota/Kab lain yang mengalami ekses ketidak dewasaan demokrasi/Politik.

4.Ucapan terimakasih saya haturkan kepada Dandim 05/07 yang menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2019 yang tak pernah ada kata lelah untuk NKRI.

5. Ucapan terimakasih saya haturkan kepada Kejari beserta jajaran Kota Bekasi atas keterlibatannya Jaksa Penuntut Umum pada setra Gakkumdu Bawaslu Kota Bekasi untuk mengawal persidangan pidana pemilu yang tidak membedabedakan peserta Pemilu yang menurut kami keluar dari regulasi. Dengan dibuktikan 2 Putusan Pidana Pemilu, ini merupakan capaian yang signifikan bahwa hukum Pemilu tidak tumpul keatas dan tajam kebawah, bahwa di mata hukum semua sama.

6. Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada rekan sejawat atau kaka dalam unsur penyelnggara Pemilu, Ketua KPUD Kota Bekasi Beserta jajaran sampai tingkat KPPS yang telah menyelenggaran Pemilu di Kota Bekasi secara Jujur, adil, transparan, dan akuntabel yang mendedikasikan jiwa dan raganya untuk pesta demokrasi 2019 dengan model yang pertama didunia yang dilakukan oleh Negara kita Indonesia secara serentak antara Pilpres dan Pileg dan terahir sehingga mengakibatkan banyaknya yang gugur untuk mempersiapkan serta melaksanakan pemilu tersebut, semata hanya ingin mendedikasikan untuk Ibu Pertiwi.

7. Ucapan yg sama untuk seluruh jajaran pengawas pemilu sampai tingkat PTPS. Dan apresiasi setinggi-tingginya.

8. Kepada seluruh OKP dan OKM, saya sangat mengapresiasi atas keterlibatannya dalam mensukseskan pemilu 2019 di Kota Bekasi dengan berbagi macam cara, diskusi, transformasi informasi Pemilu dan mengkritisi penyelenggara Pemilu. Sehingga terciptanya good democracy dan clean democracy di Kota yang kita Cintai ini.

9. Ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya untuk seluruh Insan Press, Forjas, Rujuk, IWO dan komodo yang mengawal Informasi penyelenggaraan Pemilu sehingga partisipasi Pemilu 2019 di Kota Bekasi meningkat.

10. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh senior organisasi yang banyak memberikan advis, mendidik, membimbing serta mendoakan sehingga saya bisa memimpin dan menyelesaikan dengan berbagai macam dinamika penyelenggaran Pemilu 2019.

11. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada keluarga saya yang bersedia waktu, tenaga, pikiran dan banyak pengorbanan lainnya untuk saya mendedikasikan dalam penyelenggaran Pemilu 2019 semoga ini menjadi amal ibadah kita.

12. Terakhir saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kota Bekasi melalui bapak Walikota Dr. H. Rahmat Effendi beserta jajaran yang komitmen mensupport pelaksanaan pesta demokrasi, dari keterlibatan personil ASN di penyelenggara Pemilu tingkat Kota, Kecamatan, Kelurahan dan TPS tanpa dikooptasinya kepentingan politik Partai tertentu dengan menjunjung azaz profesional dibuktikan dengan tidak adanya ASN yang masuk dalam sidang DKPP, berbeda dengan Kab/Kota lainnya jika kita melihat hasil sidang DKPP dalam proses penyelenggaran Pemilu 2019 banyak ASN di Kooptasi sehingga menguntungkan partai tertentu, selanjutnya Pemerintah Kota Bekasi memastikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana penyelenggaran pemilu yang sangat memadai. Sehingga banyak capaian penyelenggara pemilu dalam melaksanakan pesta Demokrasi 2019.

Demikian hal yang ingin saya sampaikan untuk keterbutuhan informasi pasca Pembacaan Putusan Nomor 22-PKE-DKPP/II/2020. pagi tadi pukul 10.00 Wib, sejatinya ini merupakan kesempatan dan kepercayaan yg sangat luar biasa dalam hidup saya, dapat mendedikasikan serta memanajerial pelaksanaan. pengawasan pemilu 2019 ini menjadi pengayaan dalam proses pendewasaan politik, dan kepemimpinan untuk diri saya.

Semoga kita dapat terus bermanfaat untuk orang lain.

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”.(QS. Al-Isra:7)

Bekasi, 06 Mei 2020
Tomy Suswanto

(Goez)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan