Pancasila Dan Tantangan Menghadapi Pandemi Covid19

  • Whatsapp
banner 468x60

MEDIA LINGKAR INDONESIA- Jaktim. Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo menegaskan Pancasila harus menjiwai penanganan Pandemi Covid-19 saat ini.

Bentuk wujud dari pelaksanaan Pancasila dalam konteks ini adalah Negara memimpin dalam penanganan pandemic.

Bacaan Lainnya

banner 300250
Images : Diskusi Virtual Harlah Pancasila 1 Juni 2020

Hal itu dikatakan Rio dalam diskusi virtual Hari Lahirnya Pancasila pada Senin, 1/06/2020. Diskusi yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur itu  mengambil tema “Pancasila menghadapi tantangan pemiskinan dan gerakan intoleran”.

Dalam penanganan pandemik ini, Negara harus memimpin. Sebab itulah yang dikehendaki oleh Pancasila dan Konstitusi kita, yakni kehadiran Negara dalam situasi dan kondisi apapun yang dialami bangsa ini,” ujar Rio.

Rio melanjutkan, Pancasila juga harus tereja-wantahkan dalam berbagai sektor, apalagi di masa pandemik ini.

Pelayanan kesehatan, bantuan sosial, keberpihakan perbankan dan orientasi pemulihan ekonomi harus menjadikan Pancasila sebagai “jiwa” nya.

Serta jiwa Pancasila adalah gotong royong atau kebersamaan. Hal inilah yang harus menjadi orientasi seluruh kerja negara di berbagai sektor, yakni kepentingan bersama, bukan golongan tertentu.

Maka jelas, tantangan Pancasila saat ini juga adalah perilaku yang kontra dengan jiwa Pancasila gotong royong itu, yakni perilaku individualistik yang masih banyak terdapat pada masyarakat dan pejabat kita,” ujar Rio.

(Red)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan