Minggu, Kabupaten Bekasi Gelar Pilkades Serentak

  • Whatsapp

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak akan digelar di 16 Desa di Kabupaten Bekasi pada Minggu (13/12/2020) nanti. Ini adalah Pilkades pertama yang digelar saat pandemi melanda wilayah Indonesia. Diharapkan, dalam kegiatan pemilihan kepala desa ini tetap mengedepankan protokol Kesehatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju mengatakan, Pilkades Serentak Kabupaten Bekasi tahun 2020 akan 56 calon kepala desa dari 16 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Bekasi, dengan jumlah tempat pemungutan suara keseluruhan sebanyak 235 TPS.

Bacaan Lainnya

”Tiga hari lagi kita akan menggelar Pilkades serentak,” katanya, Kamis (10/12/2020).

Untuk itu, pemerintah kembali menekankan agar Pilkades Serentak di Kabupaten Bekasi dapat berjalan dengan lancar, aman dan sesuai protokol kesehatan.

”Kita sudah antisipasi dengan memperbanyak bilik suara dan kotak suara, untuk mencegah terjadinya kerumanan, dan per TPS dibatasi maksimal 1000 pemilih,” ujarnya.

Untuk diketahui, pilkades serentak di 11 kecamatan yang akan diikuti 57 calon kepala desa periode 2020-2026 di antaranya Desa Setia Mulya dan Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya.

Kemudian Desa Telaga Murni, Desa Telajung, dan Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat, Desa Cikarang Kota, Desa Karang Harja, serta Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara,

Desa Karang Rahayu Kecamatan Karang Bahagia, dan Desa Suka Laksana Kecamatan Sukakarya. Selanjutnya Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang Pusat, Desa Wibawa Mulya Kecamaran Cibarusah, Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan, dan Desa Suka Rapih Kecamatan Tambelang.

Kabag Hukum dan Perundangan Dirjen Pemdes Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Indah Aryani menekankan agar selama pelaksanaan Pilkades peran Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten diperkuat dengan melibatkan unsur Forkopimda dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Hal itu sesuai dengan amanat yang tertuang pada Permendagri No. 72 tahun 2020 tentang Pilkades.

”Selain itu harus dibentuk Sub Kepanitiaan Pilkades tingkat kecamatan yang bertugas melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada para calon kades, panitia pemilihan dan masyarakat, agar Pilkades berjalan sesuai protokol kesehatan,” katanya saat bertandang melihat kesiapan Pilkades Kabupaten Bekasi 2020.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan