Kasus Sengketa Tanah Di Kabupaten Bekasi Berujung SP3 Yang Dipertanyakan?

  • Whatsapp
banner 468x60

MEDIA LINGKAR INDONESIA – George Michael Tutuarima, Kuasa Hukum Lemono untuk mengurus persoalan persengketaan tanah di Kampungan Selang Bojong, Kelurahan Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan luas tanah 50380 meter persegi menyoal SP3 atas sengketa yang terjadi.

“Sedikit kronologi, pada tahun 2008 lalu Lemono ini ada sertifikat Bola Dunia, tetapi melalui saudaranya dalam hal ini Almarhum Pulan. Dan di 2008 itu digantikan menjadi gambar Garuda. Namun, karena saat itu tidak ada operasional, jadi digadaikan kepada salah satu Notaris, JS. Lantas kenapa saya bisa masuk kelapangan karena adanya persoalan. Persoalan ini sertifikat Bola Dunia milik Lemono ini mau digantikan covernya menjadi Garuda. Singkat cerita pernah dikasih blangko kosong dari si Pulan ke Lemono, karena kepercayaan ya ditandatangani lahh. Tetapi, setelah itu yang transaksi adalah JS dengan si Pulan terkait peminjaman uang tadi,” terang George Michael Tutuarima kepada medialingkar.com saat ditemui didaerah Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/8/2020).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Nah singkat cerita di Tahun 2016, sambung George Michael Tutuarima, Lemono mempertanyakan tapi 2009 si Pulan meninggal dunia.

“Akhirnya, Lemono datang ke istrinya si Pulan dan dipertanyakanlah sertifikat ada dimana? Nah tersebutlah si Notaris JS yang Kantornya ada di Bulan-bulan Kota Bekasi yang saat mempertanyakan ke dia awalnya sempat adu mulut. JS mengakui memang ada peminjaman Uang. Ketika melangkah terlalu jauh, Lemono marah, mempertanyakan mana surat tanah saya. Sini, mau saya tebus. Singkat cerita dipatoklah tanah ini sama JS. Karena Lemono tidak pernah merasa menjual Tanahnya ke JS, sampailah permasalahan ini dilaporin ke Polres. Lucunya saat dilaporin ke Polres Kabupaten, Pidananya tidak pernah SP3. Ngegantung, jadi bingungkan, harusnya tidak pernah berjalan tidak ada SP3. Kalau SP3 otomatis mutlak akan menang ke Lemono tidak mungkin ke JE,” papar George Michael dengan nada kesal.

Anehnya, sambung George Michael, ketika tergantung masalah Pidananya naik tiba-tiba Perdatanya, dari PN, PT sampai ke Mahkamah Agung Lemono kalah dan saya tidak tau kalahnya seperti apa, saya tidak ikut diranah tersebut kala itu.

“Ketika tiga bulan belakangan ini sampai di Bulan kemarin saya mendapatkan SK (Surat Kuasa) dari pihak Lemono. Pada prinsipnya sebenarnya simpel, soal pinjem-meminjam. Walau Perdatanya kalah sampai di MA tetapi masih ada jalur yang bisa ditempuh, salah satunya PK, PK Perdatanya. Berkas tidak naik tapi bisa SP3, inikan lucu. Karena saya dikuasakan akan saya kerjakan, sebab tidak terjadi aksi jual-beli dan masih banyak jalur lain yang bisa ditempuh, tapi kita bisa PK melalui Perdatanya kemudian Pidananya pun juga bisa naik, penyerobotan itu pasti akan kena, otomatis dong, termaksud pengrusakan. Kenapa saya bilang pengrusakan karena dari awal yang bajak sawah itu mereka, Keluarga Lemono,” ungkapnya.

Singgung soal adakah keterlibatan Oknum pihak Lembaga Negara dalam permasalahan ini, George Michael Tutuarima menjawab saya tidak bisa mengklaim langsung seperti itu, adanya keterlibatan Oknum Lembaga Negara, tapi dugaan, asumsi pasti ada.

“Kenapa? Saya menemukan kejanggalan ketidak adaannya SP3 tapi Perdatanya bisa naik, ini untuk pihak Polres. Untuk BPN ini lucu, kok bisa BPN selemah itu, memprogres suatu barang yang dimana kerangka hukumnya tidak kuat. Termaksud Notarisnya menurut saya musti disikat, kenapa, karena terlalu berani membuat AJB itu yang padahal lemah. Logikanya, transaksi 2015 sedangkan Lemono masih membayarkan Pajaknya sampai 2017. Logika lebih sederhana lagi, AJB 2015 sedangkan suratnya dari 2008 ada di JS. Kenapa gak dilakukan transaksi jual-beli aja dari dulu. Yang pasti, tragedi ini banyak hal-hal yang menurut akal sehat saya janggal, dan kejanggalan ini akan saya tempuh dengan berbagai cara,” tegasnya.

George Michael Tutuarima pun berharap terutama untuk JS agar duduk bareng dengan pihak kami.

“Ya kita lakukan mediasi dengan akal sehat. Jangan sampai dikemudian hari ada pihak yang dirugikan, maupun dari pihak Lemono maupun pihak JS selaku Notaris. Saya harap ini semua bisa segera selesai,” pungkasnya.(YD)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan