Hot Isu Yang Berkembang Senin Pagi Ini Terkait Sriwijaya Air SJ182

  • Whatsapp

LINGKAR INDONESIA – Berita jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menjadi isu paling hot dan menjadi sorotan publik dalam dan luar negeri. Untuk mengevaluasi para korban, TNI kerahkan 1.398 personel gabungan tiga matra untuk mendukung operasi penyelamatan dan evakuasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. TNI AL terjunkan 1.218 personel dengan 6 Sea Rider, 6 perahu karet, dan 25 alat selam. TNI AD turunkan  130 personel, dan TNI AU kerahkan 50 orang dengan dua helikopter.

Direktur Utama Sriwijaya Air Jeff Jauwena menyatakan, pesawat SJ 182 dari seri Boeing 737-500 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta dalam kondisi baik atau layak terbang. Ketua KNKT Suryanto Cahyono mengatakan, pihaknya masih kumpulkan berbagai informasi mengenai pesawat SJ 182 . Sejauh ini, diketahui pesawat seri Boeing 737-500 itu berusia sekitar 26 tahun, dibuat pada tahun 1994.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. “Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah ini,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Setpres, Minggu (10/1).  Wapres Ma’ruf Aminjuga  menyampaikan duka mendalam atas sejumlah musibah yang terjadi di Tanah Air beberapa waktu belakangan.

Otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) dilaporkan masih memburu para pendukung Donald Trump yang menyerbu dan menduduki Capitol Hill. Polisi menggunakan foto yang muncul di media dan media sosial sebagai petunjuk untuk menangkap para perusuh.

Partai Demokrat mendorong pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang kedua. Anggota House of Representative Ted Lieu mengatakan, Senin (11/1) hari ini, anggota Partai Demokrat di House akan ajukan pasal pemakzulan terhadap Trump. Berikut isu selengkapnya.

1. Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 tujuan Jakarta-Pontianak  jatuh ke Perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1). Pesawat yang mengangkut 62 orang itu tenggelam di kedalaman 23 meter. Hingga Minggu (10/1) malam, Tim SAR telah mengangkut 10 kantong jenazah berisi serpihan atau bagian tubuh korban, 16 potongan pesawat, dan 5 potong pakaian.

2. TNI kerahkan 1.398 personel gabungan tiga matra untuk mendukung operasi penyelamatan dan evakuasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. TNI AL terjunkan 1.218 personel dengan 6 Sea Rider, 6 perahu karet, dan 25 alat selam. TNI AD turunkan  130 personel, dan TNI AU kerahkan 50 orang dengan dua helikopter. “Total keseluruhan yaitu personel 1.398 orang. Materiil: 6 Sea Rider, 6 perahu karet, 25 alat selam. Alutsista: 16 KRI, 5 helikopter, 1 CN 295, 1 Boeing Intai,” kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam keterangannya, Minggu (10/1). Sementara itu dua penyelam Pramuka bantu Basarnas evakuasi korban Sriwijaya Air di Perairan Kepulauan Seribu.

3. Direktur Utama Sriwijaya Air Jeff Jauwena menyatakan, pesawat SJ 182 dari seri Boeing 737-500 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta dalam kondisi baik. “Informasi yang saya terima, pesawat dalam kondisi sehat, karena sebelumnya terbang ke Pontianak pulang-pergi, lalu ke Pangkal Pinang. Ini rute kedua ke Pontianak, jadi seharusnya tidak ada masalah,” kata Jeff, dalam konferensi pers dari Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/1). Ia menyebut, keberangkatan pesawat memang sempat tertunda 30 menit dari jadwal seharusnya. Sebab, saat itu cuaca sedang hujan deras. “Delay akibat hujan deras, maka ada delay 30 menit saat boarding,” ujarnya.

4. Ketua KNKT Suryanto Cahyono mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan berbagai informasi mengenai pesawat SJ 182 . Sejauh ini, diketahui pesawat seri Boeing 737-500 itu berusia sekitar 26 tahun, dibuat pada tahun 1994. Namun, Suryanto mengatakan, usia pesawat tidak memengaruhi kelaikan terbang selama dirawat dengan benar.

KNKT telah berkomunikasi dengan The National Transportation Safety Board (NTSB) dari Amerika Serikat dan pihak NTSB telah menunjuk satu investigator independen untuk ikut membantu investigasi insiden SJ 182 namun kedatangannya terganjal oleh aturan pemerintah yang menutup pintu kedatangan warga negara asing hingga 14 Januari.

5. Panglima Komando Armada I Laksda Abdul Rasyid mengatakan, TNI AL siapkan  10 kapal untuk mencari Sriwijaya Air SJ182 yang diduga jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Salah satu kapal tersebut, merupakan kapal KRI Dishidros yang spesialis lakukan pencarian bawah air. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran terjunkan anak buahnya yang memiliki kemampuan pencarian dan pertolongan bawah air. Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Imam Widodo mengatakan, ada 50 penyelam dari Korps Brimob yang telah disiagakan di posko darurat di Dermaga JICT II bersama dengan para penyelam dari TNI AL, Basarnas, dan instansi lainnya.

6. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan informasi terbaru terkait pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Dikatakan, tim gabungan telah menandai lokasi yang diduga kuat beradanya black box milik pesawat rute Jakarta-Pontianak itu. Petugas gabungan telah menangkap sinyal black box atau kotak hitam di sebuah lokasi yang diduga kuat menjadi titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1). Untuk menindaklanjuti temuan tersebut, kapal milik Basarnas KN SAR Basudewa merapat ke KRI Rigel 933. Seperti diketahui, KN SAR Basudewa mempunyai peralatan khusus untuk mendeteksi kotak hitam tersebut.

7. Presiden Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. “Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya musibah ini,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Setpres, Minggu (10/1).

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan duka mendalam atas sejumlah musibah yang terjadi di Tanah Air beberapa waktu belakangan. Musibah itu, mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak di perairan Kepulauan Seribu, longsor di Kabupaten Garut Selatan dan  di Sumedang, Jawa Barat. “Saya turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah-musibah tersebut,” kata Ma’ruf, Minggu (10/1).

8. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendorong Kemenhub lakukan pengawasan terhadap kelayakan terbang maskapai  Pesawat Sriwijaya Air SJ-182. “Kemenhub harus melakukan pengawasan terhadap uji layak secara terukur dan tegas maskapai penerbangan untuk menerbangkan pesawat,” kata Aziz, kemarin. Hal itu harus dilakukan karena menyangkut nyawa masyarakat yang menjadi penumpang.

9. Presiden Jokowi telah memerintahkan Menhub dan Badan SAR Nasional (Basarnas) yang dibantu TNI serta Polri untuk lakukan operasi pencarian korban. Ia menginstruksikan agar para korban diberi pertolongan secepat-cepatnya. “Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban dan kita berdoa bersama-sama agar para korban bisa ditemukan,” ujarnya.

10. Presiden Jokowi menjamin, vaksin yang akan digunakan dalam vaksinasi Covid-19  aman lantaran telah melalui serangkaian proses pengujian. “Sekali lagi ini saya tegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah diuji melalui penelitian di berbagai negara, terbukti aman,” kata Jokowi saat memberikan sambutan virtual pada HUT PDI-P ke-48, Minggu (10/1).

Jokowi memastikan, vaksin yang akan digunakan telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM. Saat ini, pemerintah masih menunggu BPOM menerbitkan EUA, diperkirakan terbit pada pekan depan. “Kami ingin vaksinasi ini dimulai secepat-cepatnya setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat,” ujar Jokowi.

11. Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik Presiden Jokowi soal akurasi data desa yang akurasinya  tidak berjalan dengan baik. Santilan itu disampaikan Megawati secara langsung saat berpidato pada peringatan HUT PDI-P ke-48 secara virtual, Minggu (10/1).

12. KPK yakin Harun Masiku — eks Caleg PDI Perjuangan yang menjadi tersangka kasus suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI 2019-2024 dan menjadi buron — masih hidup. “Apakah statusnya meninggal dunia atau disembunyikan, selama kami tidak melihat jenazahnya di mana, makamnya di mana, kami menganggap yang bersangkutan masih hidup,” kata Plh Deputi Penindakan KPK Setyo Budiyanto saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta,  Minggu (10/1).

13. Kemensos memberikan bantuan untuk para korban bencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Total bantuan yang disalurkan senilai Rp 1.053.703.150. Terdiri dari : bantuan logistik tanggap darurat sebesar Rp 888.671.350, beras reguler senilai Rp 31.800.000, dan santunan ahli waris untuk 11 orang dengan indeks Rp 15 juta per ahli waris. Adapun bantuan logistik terdiri dari tenda serbaguna sebanyak 10 unit, velbed 150 unit, matras 1.200 lembar, kasur 600 buah, dan selimut 1.000 lembar.

14. Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Pusat telah menetapkan, vaksin Covid-19 produksi Sinovac halal dan suci. Penetapan ini diambil setelah Komisi Fatwa MUI Pusat menggelar rapat pleno secara tertutup di Jakarta, akhir pekan lalu. “Penetapan halal ini juga bagian dari bentuk ketaatan terhadap amanat regulasi,” kata Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi dalam siaran pers, Minggu (10/1).

15. Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) di Jawa-Bali akan berlaku mulai hari ini Senin (11/1). PPKM ini hampir mirip PSBB tetapi dengan sejumlah ketentuan baru untuk membatasi aktivitas masyarakat. PPKM/ PSBB akan membatasi sejumlah kegiatan, dari bekerja, beribadah, bersekolah, hingga wisata. Kemendagri sudah menerbitkan aturan untuk pelaksanakan PSBB Jawa-Bali.

Berdasarka beleid Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021, aturan teknis PSBB Jawa-Bali tersebut ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnivian pada 6 Januari 2021. Aturan terbaru tentang PSBB ini menginstruksikan kepala daerah di Jawa-Bali untuk memberlakukan pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

16. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik rem darurat untuk menekan laju penularan COVID-19. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat kembali diberlakukan di Ibu Kota mulai hari ini, Senin (11/1) hingga Senin (25/1). Pemberlakuan PSBB ketat ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 19 Tahun 2021 dan Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2021.

17. Anggota DPR,  Dedi Mulyadi pergi ke Demak, Jateng untuk menemui ibu S (36) yang mendekam dua malam di ruang tahanan Mapolres Demak, Minggu (10/1) lantaran dilaporkan anak kandungnya sendiri ke polisi karena dianggap lakukan KDRT. Mantan Bupati Purwakarta siap memberikan jaminan agar ibu tersebut dibebaskan. “Saya sudah kontak pengacara ibu yang ditahan Polres Demak karena dianggap melakukan kekerasan terhadap anak. Saya sampaikan ke pengacara untuk beri support. Apa pun latar belakang belakang masalahnya tidak baik anak penjarakan ibu,” kata Dedi, kemarin.

18. Menlu China Wang Yi akan lakukan kunjungan kerja ke Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 11-16 Januari 2021. Rencananya, Wang Yi akan ketemu Menlu Retno Marsudi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan pada  Selasa (12/1) dan Rabunya (13/1) bertemu Presiden Jokowi.

19. KPK menangkap dan menahan tersangka Ferdy Yuman karena menghalangi penyidikan kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi terkait penanganan perkara di Mahkaman Agung (MA) dengan terdakwa Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono. Ferdy ditangkap penyidik KPK di Malang, Jawa Timur, pada Jumat (8/1) lalu.

20. Otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) dilaporkan masih memburu para pendukung Donald Trump yang menyerbu dan menduduki Capitol Hill. Polisi menggunakan foto yang muncul di media dan media sosial sebagai petunjuk untuk menangkap para perusuh.

Salah satu perusuh yang berhasil ditangkap adalah seorang pria yang difoto membawa podium Ketua DPR AS, Nancy Pelosi selama kerusuhan. Pria berasal dari Florida. Sementara itu, Departemen Kehakiman AS, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (10/1) menuturkan, seorang pria yang difoto duduk di ruangan Pelosi juga telah ditangkap.

21. Partai Demokrat mendorong pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang kedua. Anggota House of Representative Ted Lieu mengatakan, Senin (11/1) ini, anggota Partai Demokrat di House akan mengajukan pasal pemakzulan terhadap Trump. Karena presiden AS ke-45 itu diduga mendorong pendukungnya untuk menyerang Capitol Hill Rabu (6/1) pekan lalu.

Lieu yang membantu merancang pemakzulan itu mengatakan pasal tersebut sudah ditandatangani 190 anggota House. Juru bicara Lieu mengatakan, hingga Sabtu (9/1) malam belum ada anggota Partai Republik yang menandatanganinya.

“Kami memiliki video pidato di mana (Trump) mendorong kerumunan massa, kami memiliki video massa menyerang Capitol Hill, ini bukan keputusan sesaat,” cicit Lieu di medsos, Sabtu lalu.

22. Presiden Rusia , Vladimir Putin telah mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Presiden Jokowi atas kecelakaan yang menimpa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Laut Jawa. “Terimalah belasungkawa yang tulus atas meninggalnya penumpang dan awak pesawat yang jatuh di dekat pantai Jawa. Mohon sampaikan kata-kata belas kasih dan dukungan kepada kepada kerabat dan keluarga korban,” ucapnya, seperti dilansir Tass pada Minggu (10/1).

Ucapan duka cita juga datang dari Menteri Luar Negeri Malaysia , Hishammuddin Hussein. Melalui akun Twitternya, Hishammuddin mengatakan, Malaysia turut berduka atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Kepulauan Seribu dan mendoakan kepada keluarga dan kerabat korban diberikan ketabahan.Ketua Parlemen Turki dan Rusia juga mengucapkan belasungkawa atas insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. “Saya sangat sedih mengetahui banyaknya nyawa yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Indonesia,” kata ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop di akun Twitternya, Minggu (10/1).(KML)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan