Hot Isu Yang Berkembang Selasa Pagi, 12 Januari 2021

  • Whatsapp

LINGKAR INDONESIA – Sudah dapat dipastikan vaksinasi Covid-19 mulai dilaksanakan, Rabu (13/1) besok dan Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac asal China. Kepastian itu setelah BPOM resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Sinovac. Itulah HOT ISU yang dibicarakan publik pagi hari ini.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China. Daeng meminta polemik soal vaksin Covid-19 dihentikan, karena BPOM telah menerbitkan izin darurat penggunaan vaksin atau emergency use authorization (EUA).

Bacaan Lainnya

Berita menarik lainnya adalah statemen Menkes Budi Gunadi Sadikin bahwa Indonesia akan mendapatkan 54-108 juta dosis vaksin Covid-19 dari yayasan internasional Gavi, The Vaccine Alliance secara gratis. Budi menyebut jutaan vaksin tersebut bisa datang lebih cepat, setidaknya akhir Februari atau awal Maret 2021 sudah ada di Indonesia.

Pergantian Kapolri menjadi isu menarik yang ramai diperbincangkan nitizen, baik di dunia nyata maupun maya. Indonesia Police Watch (IPW) mengaku mendapat ‘bocoran’ bahwa Presiden Joko Widodo bakal menyerahkan surat presiden (surpres) terkait nama calon kapolri ke DPR pada Rabu (13/1). Berikut isu selengkapnya.

1. Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 Sinovac. Dengan demikian, vaksin Sinovac telah mendapat izin untuk digunakan dalam vaksinasi. “Pada hari ini, Senin tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency, emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Corona vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam konferensi pers daring, Senin (11/1).

2. Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, vaksin Sinovac yang diuji coba tahap ketiga di Bandung telah memenuhi standar keamanan yang disyaratkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil. Berdasarkan analisis terhadap hasil uji klinis, BPOM memastikan bahwa vaksin Sinovac asal China itu aman. Dijelaskan, efikasi atau tingkat keampuhan vaksin corona Sinovac sebesar 65,3 persen. Angka itu  sudah sesuai dengan standar atau ambang batas efikasi yang ditetapkan WHO yakni minimal 50 persen.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menyatakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac harus disimpan pada suhu 2 sampai 8 derajat celcius. Penny memastikan pihaknya terus memantau mutu vaksin Sinovac sampai proses vaksinasi selesai. “Hal ini penting karena vaksin merupakan produk rantai dingin di mana suhu penyimpan harus dijaga sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam hal ini adalah suhu 2-8 derajat celcius,” kata Penny dalam jumpa pers, Senin (11/1).

3. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menyatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac, China. Hal ini ia sampaikannya usai BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin virus Covid 19. “IDI menyatakan dukungan penuh terhadap vaksinasi yang akan dilakukan,” kata Daeng yang juga hadir dalam jumpa pers pengumuman hasil uji klinis vaksin Sinovac BPOM, Jakarta, Senin (11/1).

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih meminta polemik soal vaksin Covid-19 dihentikan, karena BPOM telah menerbitkan izin darurat penggunaan vaksin atau emergency use authorization (EUA). Daeng menegaskan, terbitnya izin BPOM menandakan rangkaian prosedur keilmuan terkait uji klinis vaksin sudah dipenuhi. Uji klinis tahap ketiga yang digelar di Bandung melibatkan 1.600 individu sebagai relawan. “Kami imbau hentikan polemik karena kesimpulan prosedur keilmuan sudah kita dapatkan bersama. Kita kembali mendukung bersama soal vaksinasi agar persoalan pandemi ini bisa kita akhiri dan kehidupan kita kembali normal,” ujar Daeng, dalam konferensi pers secara daring, Senin (11/1).

4. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia akan mendapatkan 54-108 juta dosis vaksin Covid-19 dari yayasan internasional Gavi, The Vaccine Alliance secara gratis. Budi menyebut jutaan vaksin tersebut bisa datang lebih cepat, setidaknya akhir Februari atau awal Maret 2021 sudah ada di Indonesia. “Ada berita baik juga disampaikan Bu Menlu. Kerja sama multilateral dengan Gavi kelihatannya akan menghasilkan keputusan yang baik. Diharapkan minimal 54 juta dosis, maksimal 108 juta dosis vaksin gratis kita bisa dapatkan dari Gavi,” kata Budi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Senin (11/1).

5. Hati-hati, persentase positivity rate atau rasio positif kasus virus corona (SARS-CoV-2) merangkak naik dari hari ke hari. Senin (11/1) kemarin tercatat, 31,1 persen atau lebih enam kali lipat standar yang ditetapkan WHO. Sebelumnya, Minggu (10/1) angka positivity rate sebesar 30,4 persen. WHO telah menetapkan ambang batas positivity rate secara global yakni 5 persen.

Positivity rate sendiri adalah persentase jumlah kasus positif terinfeksi virus corona yang dibagi dengan jumlah orang yang menjalani tes atau pemeriksaan. Positivity rate berguna untuk mengukur sejauh mana transmisi atau penularan Covid-19 di satu daerah berdasarkan hasil testing. Kian tinggi angka positivity rate menunjukkan semakin banyak pula potensi penularan yang mungkin terjadi.

6. Anggota Komisi IX DPR dari PAN Saleh Partaonan Daulay meminta Kemenkes menyosialisasikan program vaksinasi virus corona (Covid-19) dengan sungguh-sungguh. Mengenai jenis vaksin, rentang waktu vaksinasi, hingga efek samping. “Kemenkes tetap lakukan sosialisasi sungguh-sungguh tentang program vaksinasi, mulai jenis-jenis vaksin, metode pelaksanaan seperti apa, kapan saja penyuntikan, termasuk EUA itu harus dilaporkan kepada masyarakat dan dampak yang akan mengiringi dari vaksinasi dalam bentuk KIPI,” kata Saleh, Senin (11/1).

7. Presiden Jokowi secara resmi menyetujui perpanjangan masa larangan warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia menyusul Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pecan, mulai 11-25 Januari. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia memberlakukan larangan masuknya WNA dari seluruh negara ke Indonesia pada 1-14 januari 2021. “Bapak Presiden menyetujui pelarangan WNA masuk ke Indonesia diperpanjang,” kata Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, usai menggelar rapat terbatas di Jakarta, Senin (11/1).

8. Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Bali pada 11-25 Januari 2021. Setidaknya, ada 73 daerah kabupaten/kota di 7 Provinsi yang bakal memberlakukan PPKM untuk mengerem laju penyebaran virus corona (SARS-CoV-2). Penerapan PPKM tersebut ditindaklanjuti melalui surat atau peraturan kepala daerah masing-masing.

‘’Ada 7 provinsi yang menerapkan PPKM yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali. Untuk DKI Jakarta, enam wilayah administratif di Jakarta bakal memberlakukan PPKM yakni Jakut, Jakpus, Jaktim, Jakbar, Jaksel, dan Kepulauan Seribu. Jabar 20 kabupaten/kota, Jateng 23 kabupaten/kota, Yogya seluruh kabupaten/kota, Jatim 11 kabupaten/kota, Banten 3 daerah yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangsel, Bali 5 daerah yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Tabanan,’’ tegas Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto, Senin (11/1).

9. Pergantian Kapolri menjadi isu yang menarik. Indonesia Police Watch ( IPW) mengaku mendapat ‘bocoran’ bahwa Presiden Joko Widodo bakal menyerahkan surat presiden (surpres) terkait nama calon kapolri ke DPR pada Rabu (13/1). “Surpres soal kapolri baru itu akan dibawa Mensesneg Pratikno dan diserahkan langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu (13/1) pukul 11.00 siang,” kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane dalam keterangan persnya, Senin (11/1). “Kenapa Rabu? Hal ini berkaitan dengan kebiasaan Jokowi yang kerap mengambil keputusan penting pada hari Rabu Pahing atau Tabu Legi, dan Rabu lusa adalah Wage,” ujarnya.

Neta Pane yang eks wartawan Merdeka itu mendengar, ada gagasan di lingkungan Istana Kepresidenan soal satu paket pergantian posisi kapolri dan wakapolri. Menurut Neta, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono disebut-sebut bakal menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Sementara, posisi Wakapolri disebut diisi oleh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. Gagasan itu, kata Neta, semakin serius dibahas kalangan Istana atau orang dekat Jokowi. Apalagi, nama Gatot dan Listyo juga masuk dalam nama-nama calon Kapolri yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Jokowi.

10. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan ( PDI-P) Trimedya Panjaitan sependapat dengan Neta Pane. Ia mengatakan, nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Jokowi ke DPR sudah banyak dibahas publik. Ia mendengar, nama calon Kapolri mengerucut pada dua nama yakni Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono dan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. “Tapi kan enggak tahu, satu hari dua hari kan masih bisa manuver masing-masing. Dan konon menguat ke Listyo Sigit Prabowo, tapi kan namanya politik, Kapolri itu jabatan politik,” ,” ujar Trimedya, Senin (11/1).

Pria yang akrab disapa Mas Tri ini mengatakan, sosok calon Kapolri yang paling utama adalah dapat dipercaya, loyal dan taat kepada presiden. Selain itu, sosok calon Kapolri harus memiliki rekam jejak yang bagus dan berkomitmen mengembalikan jati diri institusi Polri sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ditegaskan, nantinya Kapolri tidak mementingkan angkatannya dalam proses promosi, mutasi dan demosi. Trimedya memprediksi, Presiden Jokowi akan mengirimkan surat presiden (Surpres) terkait nama calon Kapolri ke DPR RI pada hari Rabu. “Sampai setengah 4 ini saya cek ke Sekretariat DPR belum ada surat presiden terkait calon Kapolri. Tapi rumornya Rabu, kan Pak Jokowi senang hari Rabu, kita tunggu saja,” katanya.

11. Politisi PKB yang kini menjabat Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid menyebut, Presiden Jokowi bakal mengajukan nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri (Bareskrim), Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis ke DPR. “Insya Allah hanya satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas,” ujarnya, Senin (11/1). Meskipun demikian, anggota Komisi III DPR ini mengatakan, pernyataannya tersebut bukanlah bermaksud untuk mendahului takdir Tuhan atau keewenangan  Presiden. “Sekali lagi, saya menyampaikan ini tanpa bermaksud mendahului takdir Allah dan ketentuan Presiden,” kata Jaziluk Fawaid.

Sebelumnya diberitakan, Kompolnas menyerahkan lima nama jenderal bintang tiga untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis kepada Presiden Jokwi. Kelima perwira tinggi tersebut adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

12. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta para pelaku usaha tertib menjalankan aturan pembatasan kegiatan. Ia menginginkan, perusahaan juga perkantoran memprioritaskan kondisi kesehatan dibanding ekonomi di tengah situasi pandemi virus corona. Permintaan itu ia sampaikan menyusul mulai diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11 hingga 25 Januari 2021 untuk mengerem laju penyebaran Covid-19 usai libur panjang. “Kami butuh dukungan dari pelaku usaha, perkantoran untuk disiplin kalau ingin ekonominya, mau usahanya maju pastikan kesehatan menjadi prioritas utama,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/1). https://1d39242807145de54120459880ad74dd.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

13. Pencarian korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 terus dilakukan secara massif. Basarnas menerima sebanyak 45 kantong jenazah hasil pencarian hari ketiga tim gabungan yang dilakukan hari ini, Senin (11/1). Pencarian dilakukan di sekitar perairan Kepulauan Seribu sebagai lokasi jatuhnya pesawat. “Hari ini kita mendapatkan 27 kantong jenazah yang berisi human remains, sehingga total hari ini yang sudah kita dapatkan berjumlah 45 kantong jenazah,” kata Kepala Basarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri per Senin (11/1) menerima 53 sampel DNA dari anggota keluarga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu (9/1) lalu. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, tim DVI mengidentifikasi jenazah melalui pencocokan dengan sampel-sampel DNA anggota keluarga.

14. Dari 62 korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182, baru satu orang yang berhasil diidentifikasi, yakni Okky Bisma, laki-laki, kru pesawat. Dalam daftar manifes, Okky tercatat sebagai flight attendant. “Tim dapat identifikasi salah satu korban kecelakaan yaitu atas nama Okky Bisma,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, Senin (11/1).

Rusdi Hartono menyatakan jenazah Okky Bisma akan diserahkan kepada pihak keluarga. “Kita ada proses (pengembalian), yang jelas keluarga korban sudah mengetahui itu semua, sudah kita beritahu, sambil nanti proses berjalan akan kita serahkan kepada keluarga,” kata Rusdi dalam konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Senin (11/1).

15. Black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di kepulauan Seribu belum diketemukan. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yakin pencarian black box milik pesawat tersebut tak akan memakan waktu lama. Keyakinan itu karena laut lokasi jatuhnya pesawat tak terlalu dalam. “Harapannya dengan kondisi laut seperti ini dan kedalamannya hanya sekitar 15-16 meter, mudah-mudahan bisa ditemukan,” kata Yudo di Kapal KRI Rigel, Kepulauan Seribu, Senin (11/1). Yudo juga memprediksi pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182 tak akan selama pesawat Lion Air JT 610 yang mengalami kecelakaan di perairan dekat Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

16. Mabes Polri akan menyelidiki dugaan penumpang Sriwijaya Air SJ 182 menggunakan KTP milik orang lain alias identitas palsu. “Kita akan lakukan koordinasi dengan Polda NTT juga akan menanyakan kepada Disdukcapil, apakah benar ada informasi atau laporan tentang penumpang pesawat Sriwijaya menggunakan KTP yang bukan miliknya,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (11/1).

Di sisi lain, Senior Manager Avsec Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Oka Setiawan mengatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan internal berkaitan dengan informasi dua penumpang yang menggunakan KTP orang lain.

17. Jaksa Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menuntut Jaksa Pinangki Sirna Malasari 4 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsidair 6 bulan kurungan. Pinangki dinilai terbukti menerima suap hingga pencucian uang terkait terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko S Tjandra. “Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Pinangki Sirna Malasari dengan pidana penjara empat tahun penjara dikurangi masa tahanan. Menjatuhkan pidana denda sebesar Rp500 juta subsidair 6 bulan,” kata Jaksa Yanuar Utomo saat membacakan amar tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (11/1) seraya menyebut Pinangki sebagai aparat penegak hukum tak mendukung program pemerintah dalam rangka memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Jaksa Penuntut Umum meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat meminta agar mobil BMW X5 warna biru milik terdakwa Pinangki dirampas untuk negara. Jaksa menilai mobil tersebut dibeli dari hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU) Pinangki. “Satu unit mobil BMW X5 warna biru tua bernomor F 214 milik Pinangki Sirna Malasari, beserta kunci berlambang BMW, berupa STNK untuk kendaraan BMW X5 milik Pinangki Sirna Malasari dirampas untuk negara,” kata jaksa Yanuar Utomo, Senin (11/1).

18. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Menlu China Wang Yi  mengunjungi Danau Toba, Selasa (12/1) hari ini. Jubir Luhut, Jodi Mahardi menjelaskan, kunjungan Wang Yi yang juga anggota Dewan Negara China itu seharusnya terjadi tahun lalu, namun karena pandemi COVID-19 baru terlaksana sekarang. “Iya, Wang Yi Anggota Dewan Negara RRT akan berkunjung ke Toba besok setelah dari Myanmar dan sebelum ke Jakarta. Wang Yi sejak Februari tahun lalu memang sudah rencana ke Toba, namun tertunda karena COVID-19,” kata Jodi, Senin (11/1). Jodi menjelaskan kunjungan ke Danau Toba ini sekaligus membahas investasi dan proyek kerja sama lainnya di sektor pariwisata, juga kerja sama penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

19. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ( PPATK) bekukan sementara 87 rekening milik Front Pembela Islam ( FPI) dan afiliasinya hingga Senin (11/1). “Jumlah rekening yang dibekukan masih bergerak, sampai sekarang sudah sampai 87 rekening,” kata Ketua PPATK Dian Ediana Rae, Senin (11/1).

Ia menerangkan, pemblokiran itu adalah prosedur normal yang dilakukan PPATK terhadap organisasi yang dibubarkan. Seperti diketahui, pembubaran FPI tertuang  dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Larangan Kegiatan Penggunaan Simbol dan Atribut Serta Penghentian Kegiatan FPI. SKB itu ditandatangani tiga menteri dan tiga pejabat negara.

20. Pengacara Front Pembela Islam ( FPI) Aziz Yanuar mengatakan, 7 rekening milik keluarga pimpinan FPI Rizieq Shihab diblokir sejak Rabu (6/1) pekan lalu. Selain keluarga Rizieq, rekening eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam ( FPI) Munarman juga diblokir.

21. Munarman menuturkan, uang dalam rekening yang diblokir tersebut untuk biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit. “ Rekening itu untuk biaya pengobatan ibu saya yang sudah dua tahun lebih terbaring di tempat tidur,” kata Munarman, Senin (11/1). Ia memperlihatkan lembaran surat pemberitahuan dari salah satu bank BUMN, nomor FMI/04/00102/R perihal pemblokiran rekening.

Berdasarkan informasi dalam surat pemberitahuan tersebut, rekening Munarman sudah diblokir oleh pihak bank sejak 4 Januari 2021. Disebutkan, pemblokiran itu berdasarkan surat permintaan dari PPATK, nomor SR/11/AT.05.01/1/2021. “Ibu saya sedang sakit, sudah dua tahun hanya terbaring, dan rekening itu untuk biaya pengobatan ibu saya, untuk beli obat dan keperluan ibu saya,” ujarnya.

22. Basarnas kembali menemukan dua korban jiwa akibat longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dengan demikian, sejauh ini telah ditemukan 15 korban jiwa dan 25 orang lainnya masih dinyatakan hilang. “Tim temukan satu Korban pada pukul 21.05 WIB Perempuan dewasa, data belum ditemukan,” mengutip siaran pers Basarnas, Senin malam (11/1). Seperti diketahui, bencana tanah longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi pada Sabtu (9/1) lalu.(KML)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan