Flash Update Sementara Bencana Longsor, Posko PMI Kabupaten Sumedang

  • Whatsapp

LINGKAR INDONESIA – Sumber Informasi, Doni warga RT.01 mengungkapkan terkait Laporan Kejadian/Bencana Longsor

Adapun lokasinya di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Dusun Bojong Kondang, RT.03 Longsor 01 terdampak
RW.10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Waktu kejadian sekitar pukul 15.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Gambaran Situasi, dikarenakan terjadi hujan lebat sekitar pukul 13.00 WIB yang mengakibatkan longsor pada pukul 15.00 WIB dan mengalami adanya korban tertimbun. Lalu, ada susulan longsoran ke 2 jam sekitar pukul 20.00 WIB yang mengakibatkan beberapa Relawan ikut tertimbun. Warga mulai diungsikan setelah susulan ke 2. Korban sementara di evakuasi/mengungsi di Mesjid,” ungkap Doni kepada medialingkar.com, Minggu (10/1/2021).

Doni menjelaskan, akibat bencana alam tersebut trdampak 8 rumah
4 tertimbun

“Korban yang terdampak kurang lebih (+/-) sekitar 17 orang di longsoran pertama.
Longsor susulan ke 2 yang jadi korban kebanyakan dari instansi (BPBD, warga, TNI, dan Anggota Polri),” terangnya.

Adapun Giat PMI sambung Doni, diantara; 1. Asesment lokasi kejadian. 2. Evakuasi korban tertimbun. 3. Mobilisasi personel 8 orang dan 1 armada mobil Ambulan. Untuk Giat Pemerintah yakini melakukan evakuasi korban.

“Demikian laporan ini kami buat dan laporkan. Jika ada perkembangan selanjutnya akan segera kami informasikan kembali, terima kasih,” pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang didapat dari percakapan WhatsApp menyebutkan,
Innalillahi wainnailaihi roji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah putra terbaik Sumedang, saat melaksanakan tugas evakuasi bencana longsor, Bapak Kapten Prasetio (Danramil Cimanggung), Bapak Yedi (Kasi BPBD Sumedang) dan Bapak Suhanda (Kasi Trantib Kecamatan Cimanggung). Semoga almarhum husnul khotimah. Amin YRA.

Sebelumnya telah terjadi longsor di Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Ada 18 rumah warga yang terkena longsor pertama. Kemungkinan warga yang tertimbun longsor 8 orang. Bada magrib Tim yang akan mengevakuasi turun ke lokasi. Sekitar pukul 19.00 WIB terjadi longsor susulan/kedua yang menimpa warga dan Tim Evakuasi.

Sekitar pukul 22 an Tim Evakuasi dari
BPBD Sumedang, Basarnas, serta Polres dan Kodim 0610 Sumedang, melanjutkan pencarian dan penyelamatani, dengan hasil sebagai berikut :
– 3 orang selamat (luka berat);
– 11 orang meninggal (1 MP Kecamatan Cimanggung, 1 Kasi BPBD Sumedang, 1 Staf Basarnas, 1 Danramil Cimanggung, dan 7 warga masyarakat.

Sebelumnya ada 15 orang warga selamat (luka ringan), menyelamatkan diri setelah longsor kedua. Setelah korban yang bisa diselamatkan tidak ada lagi, pada pukul 01.20 WIB pencarian dan evakuasi dihentikan dan dilanjutkan pagi ini.(KML)

Tinggalkan Balasan