Fachri Ridho : RS.Mitra Keluarga Pratama Jati Asih Harus Transfaran Terkait Penanganan Keluarga Pasien Ibu Maryati

  • Whatsapp
banner 468x60

MEDIA LINGKAR INDONESIA-Sejumlah mahasiswa Kota Bekasi dari berbagai kampus ditemukan sedang mendampingi seorang pasien sakit paru-paru dan magh. Pasien atas nama ibu Maryati umur 57 tahun mengalami sesak nafas sehingga harus mendapatkan penanganan secara maksimal. RS mustika Medika Zamrud, Bekasi melakukan rapid tes dan hasilnya negatif Corona lalu akhirnya dirujuk ke RS mitra keluarga Pratama Jatiasih untuk dapat penanganan lebih maksimal.

Sesampainya di RS mitra keluarga Pratama Jatiasih, pasien didaftarkan dan diklaim oleh pihak RS sebagai PDP Covid19 padahal RS mustika Medika Zamrud sebelumnya sudah memiliki bukti rapid tes yang menyatakan pasien negatif Covid19.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Menurut Fachri Ridho selaku mahasiswa Fisip UNISMA Bekasi mengatakan bahwa pihak RS mitra keluarga Pratama Jatiasih tidak bekerja secara proporsional karena telah mengklaim sepihak pasien dengan status PDP.

Sekitar pukul 16.30 tanggal 7 Juni 2020 pasien dinyatakan meninggal namun hasil swab tes yang dilakukan pihak RS belum ada hasil otentik positif atau negatif Covid19.

Pihak keluarga lalu dipanggil oleh pihak RS dan diberitahukan bahwa almarhum ibu Maryati akan dimakamkan dengan prosedur Covid19 sesuai Perwal yang berlaku, namun pihak keluarga menolak karena almarhum bukan pasien Covid19. Pihak keluarga menginginkan almarhum dimakamkan secara mandiri karena itu sudah menjadi hak keluarga yang bersangkutan.

Pihak RS pun tidak mengindahkan keinginan keluarga dengan alasan SOP dan Perwal.

Fachri juga mengatakan bahwa pihak rumah sakit tidak mampu membuktikan secara data kalau almarhum ibu Maryati terbukti PDP Covid19.

Saya meminta kepada setiap rumah sakit khususnya dikota Bekasi agar tidak sembarangan menangani pasien dan harus bekerja secara proporsional. Tegas Fachri Ridho tim Advokasi SEMA FISIP UNISMA.

(Goez)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan