LINGKAR INDONESIA (Kabupaten Bogor) – Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor merupakan salah satu produsen  benih ikan hias dan konsumsi air tawar terbesar di Indonesia.

Pada Tahun 2023 mendatang, daerah ini mentargetkan  produksi ikan hias sebanyak 10.512.120 ekor dan produksi ikan konsumsi sekitar 1.607.717.000 ekor.

Salah satu petambak di daeah tersebut, H. Anda Sasmita mengatakan, para petambak di Ciseeng, termasuk dirinya telah memulai usaha tambak dikisaran waktu antara tahun 2015-2018 hingga saat ini.

“Untuk satu kerambah, nilainya berkisar antara Rp.1,5 hingga 2.5 juta. Secara ekonomis cukup fisible,” katanya kepada Media Lingkar Indonesia, Kamis (22/12/2022).

Menurutnya, para petani ikan di Ciseeng sudah memiliki ilmu yang ditunjang pengalaman selama puluhan tahun dan sudah menjadi mata pencaharian secara turun temurun.

“Soal pemasaran, kami telah memiliki captive market, para pembeli dari seluruh wilayah Jabodetabek datang kemari, termasuk dari luar pulau Jawa,” ujarnya.

Dijelaskannya, selama tiga tahun ini Kecamatan Ciseeng sudah mempro­duksi ikan hias 8.459.280 ekor dan ikan konsumsi 920.000.000 ekor.

“Insya Allah Kecamatan Ciseeng ditargetkan bisa membantu Pemerintah Kabupaten Bogor menjadi wilayah produksi ikan air tawar terbanyak di Indonesia,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Anda, para petambak berharap dukungan dari pemerintah, khususnya menyangkut perbaikan saluran irigasi, bantuan induk berkualitas dan memangkas tata niaga pemasaran melalui optimalisasi raiser.

“Jika upaya pemecahan masalah produksi ikan air tawar bisa tercapai, maka benih ikan hias dan konsumsi air tawar berkualitas tak perlu dibeli dari daerah lain, masyarakat Ciseeng telah membudidayakan ikan hias, seperti cupang, ikan koi, ikan memphis dan jenis lainya,” paparnya.

Sedangkan ikan konsumsi yang jadi andalan di Ciseeng yakni ikan lele, gurame, emas, patin dan lainnya.

“Kami berharap ada bantuan benih ikan lele berkualitas, mendapatkan penamba­an tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan,” pungkasnya.(eva)

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan