LINGKAR INDONESIA (Cirebon) –Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menerima kedatangan para biksu yang tengah melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Nakhon Si Thammarat, Thailand tujuan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tradisi Thudong yang dilakukan para biksu ini, merupakan ritual keagamaan dengan berjalan kaki sebagai ritual perjalanan spiritual.

Para biksu tersebut diterima langsung oleh Bupati Imron di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu pagi (20/5/2023).

Imron menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada para biksu yang memilih Kabupaten Cirebon menjadi salah satu daerah perlintasan dalam perjalanan keagamaan tersebut.

“Mohon maaf, saya baru bisa menemui para biksu ini, padahal mereka melintasi Kabupaten Cirebon sejak beberapa hari lalu,” kata Imron.

Ia mengungkapkan, bahwa ia sangat terharu melihat keramahan masyarakat terhadap para biksu. Terlihat, masyarakat sangat antusias hingga memberikan makanan maupun minuman.

“Ini bentuk kegembiraan juga untuk saya, masyarakat disini sangat toleransi, tidak melihat agamanya apa,” lanjut Imron.

Puluhan biksu tersebut tidak hanya berasal dari Thailand saja, ada yang berasal dari Singapura, Malaysia dan satu biksu berasal dari kota Cirebon sendiri.

Mereka melakukan perjalanan kaki ribuan kilometer menuju Candi Borobudur, untuk memperingati Hari Raya Waisak pada hari Minggu
(uud / aji ).

Bagikan:

Tinggalkan Balasan